Memasuki Musim Panen, Petani Kopi Patongko Membuka Jalur Kendaraan Menuju Rumah Kopi

Memasuki musim panen kopi yang akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2021 ini, petani kopi dan penerima manfaar program Kopi Pattongko yang bermukin di  sekitar Rumah Olah Kopi Pattongko Sinjai menggelar kerja bakti pembuatan lorong pada Selasa (30/03/2021).

Kerja bakti ini dilakukan dari area jalan kebun menuju Rumah Olah Kopi Pattongko di Sinjai. Gotong royong ini diinisiasi oleh petani karena sulitnya akses jalanan dari kebun  menuju rumah olah kopi.


Sebelumnya, para petani kopi ini selalu membawa hasil kopi dengan cara memikul kopi dan berjalan kaki. Tentu cara seperti ini terbilang sulit dan perlu dibenahi. Nah oleh karena itu, untuk memudahkan para petani membawa hasil panen kopi, para petani melakukan pembukaan jalan guna membuat akses jalan untuk kendaraan roda dua yang dapat digunakan.

Pembukaan jalan ini dilakukan oleh petani bersama team Kopi Pattongko di sepanjang kurang kebih 200 meter dengan menggunakan alat seadanya, yaitu cangkul, linggis, dan berbagai peralatan kebun, untuk memindahkan bebatuan besar.

“Rencananya, setelah jalan ini jadi, petani akan membuat jembatan bambu menyeberangi sungai, yang bersebelahan langsung dengan Rumah Olah Kopi, sehingga aktivitas proses kopi dan berbagai aktivitas lainnya, makin berjalan dengan lancar, dalam menunjang pergerakan ekonomi petani,” ujar Ramly selaku pendamping program Kopi Pattongko Dompet Dhuafa Sulsel.

Leave a Reply

Required fields are marked*