Aksi Layanan Sehat di Hari Kesehatan Nasional

Selamat Hari Kesehatan Nasional !

Rumah-rumah panggung dari kayu berjejeran dipinggir laut, sebuah dermaga panjang menghubungkan antar rumah. Anak-anak kecil bermain di pinggiran dermaga, bermain rumah-rumahan. Daerah ini merupakan pesisir utara kota Makassar, tepatnya di Jln Sultan Abdullah, Kecamatan Tallo.  
Tepat tanggal 12 November 2015 merupakan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Kami turut serta berperan dalam kesehatan Indonesia, tim Dompet Dhuafa dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) pun bekerja sama melakukan Aksi Layanan Sehat di Tallo.
Ibu Hukma, selaku ketua RT C, memanggil semua warganya untuk menuju mesjid Babussalam untuk mengikuti Aksi Layanan Sehat. Beberapa saat setelah merapikan segala perlengkapan dan persiapa untuk Aksi Layanan Sehat, ibu-ibu warga tallo pun berbondong-bondong masuk ke mesjid. Beberapa dari mereka datang sambil menggendong balita, atau memapah lansia.
Pukul 10.00 Wita Aksi Layanan Sehat dimulai. Terdapat dua kegiatan dalam Aksi Layanan Sehat ini, yaitu penyuluhan tentang lingkungan sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis.
Penyuluhan tentang Lingkungan Sehat

   “Lingkungan sekitar rumah harus dijaga, lingkungan yang kotor itu akan jadi sumber penyakit” dr. Ayu selaku pemateri menyelaskan dengan bahasa sederhana.

Satu jam setelah penyuluhan lingkungan sehat,  dilanjutkan dengan periksa kesehatan.  Lebih 55 warga menunggu giliran. Panitia memanggil satu persatu agar tertib dan teratur. Dua perawat dan dua dokter memeriksa satu persatu warga tallo.
Pemeriksaan Kesehatan
Pemberian Obat-obatan
“Puskemas jauh sekali dari sini, kasian wargaku kalau sakit, untuk pergi kesana ongkosperginya saja bisa sampai 50 ribu.” Ibu Hukma bercerita, Ia merasa sangat bahagia melihat warganya memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan.
Matahari tepat diatas kepala. Tepat sesaat sebelum adzan dzuhur berkumandang, seluruh warga sudah diperiksa.
“Sebagian besar sakit batuk atau gangguan saluran pernafasan, tapi secara keseluruhan tidak ada penyakit yang kronik.” Ujar Nas, salah satu perawat yang bertugas.

Selamat Hari Kesehatan Nasional! Jaga kesehatan Anda!

Dompet Dhuafa dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma
Tinggalkan Komentar

Be informed!

berlangganan info DD