Alasan Mengapa Kurban Sangat Dianjurkan

Alasan Mengapa Kurban Sangat Dianjurkan
Alasan Mengapa Kurban Sangat Dianjurkan

Berkurban adalah anjuran bagi umat muslim untuk dilakukan sekali dalam setahun yang jatuh pada 10 Dzulhijah. Berkurban tidak hanya mendatangkan manfaat kepada diri sendiri namun juga memberikan manfaat berlimpah pada orang lain dengan menebar hewan kurban. Berikut adalah manfaat berkurban yang bisa mendatangai kita.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Sejatinya setiap ibadah memiliki keistimewaannya masing-masing yang dapat membuat kita dekat kepada Allah SWT. Begitupula dengan berkurban. Kurban sendiri berasal dari kata Qurb atau Qurban yang berarti ‘dekat’. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuan alif dan nun bermakna ‘kesempurnaan’. Sehingga kurban atau qurban adalah ‘kedekatan yang sempurna’. Atau dalam makna lainnya, kurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.
  • Bentuk Syukur
  • Kegiatan berqurban pun juga dapat dimaknai sebagai ungkapan syukur karena Allah S.W.T telah memberikan rezeki yang melimpah untuk kita sehingga dapat menunaikan qurban dan membantu sesama. Karena di dalam rezeki yang kita terima terdapat hak-hak saudara yang kurang mampu. Sebagaimana ajaran dalam Islam untuk saling berbagi dan saling membantu saudara lainnya yang sedang kesusahan. Maka, menjalankan perintah berqurban untuk membagikan rezeki yang dimilikinya dan membantu saudara umat muslim lain yang sedang kelaparan adalah hal yang baik untuk dilakukan.
  • Mensucikan diri dan harta
  • Melaksanakan kurban mampu mensucikan diri dan harta benda yang kita miliki agar menjadi lebih berkah. Sebagaimana yang telah diriwayatkan, ibadah berkurban adalah salah satu ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi mereka yang mampu, berkurban tak hanya dijadikan momen untuk berbagi namun juga mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki. Allah S.W.T tak menyukai sifat manusia yang kikir dan pelit. Maka dari itu, dengan melakukan qurban yang memiliki artian membagi-bagikan rezeki dalam bentuk daging hewan ternak.
  • Menghapus Dosa
  • Berkurban juga diartikan sebagai penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berkurban pada masa lalu. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadist shahih yang berbunyi:
    “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).
  • Memberdayakan Petani Lokal
  • Berkurban tidak hanya memberikan segudang pahala bagi diri kita sendiri, namun juga memberikan manfaat kepada sesama. Salah satunya untuk kesejahteraan petani lokal. Dengan membeli kambing, sapi ataupun domba pada peternak, kamu berkontribusi menebar kebaikan dan mengentas masalah ekonomi. Para peternak tentunya akan merasa terbantu dengan pembelian hewan ternaknya yang dibutuhkan untuk hari raya idhul adha nanti.

Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan berkurban. Jadi sudah siap kurban tahun ini?
Nah kalau kamu bingung mau kurban apa tahun ini, yuk silahkan tanya kurban di Dompet Dhuafa pada link bit.ly/tanyakurban

 

Tinggalkan Komentar

Be informed!

berlangganan info DD