Bantu Korban Kebakaran Makassar, Dompet Dhuafa Sulsel Dirikan Pos Hangat

Bantu Korban Kebakaran Makassar, Dompet Dhuafa Sulsel Dirikan Pos Hangat
Bantu Korban Kebakaran Makassar, Dompet Dhuafa Sulsel Dirikan Pos Hangat

Makassar – Pada Rabu pagi (11/08/2021) sebuah kebakaran hebat terjadi di kompleks di area Kompleks Lepping, Kelurahan Jongaya, Tamalate, Makassar. Akibat insiden tersebut, Sedikitnya 95 unit rumah semi permanen hangus terbakar dan 15 lainnya terdampak.

Menurut laporan Plt Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar Hasanuddin menyebut kebakaran terjadi Laporan sementara, kebakaran diduga terjadi karena salah seorang warga memasak, lalu ditinggal keluar dari rumah. Akibatnya, kompor warga tersebut meledak. “Penyebab sementara kebakaran, warga memasak, lalu ditinggal, kompor meleduk,” ungkap Hasanuddin.

Beruntung dalam kebakaran dahsyat itu tidak ada korban jiwa. Hingga kini pihak pemerintah setempat pun sedang mendata siapa saja warga yang menjadi korban kebakaran. “Kerugian belum bisa kami taksir. Yang jelas ada 110 rumah terdampak, 95 diantaranya hangus terbakar. 123 kepala keluarga yang menjadi korban,” sebut Hasanuddin.

Warga terdampak berangsur memenuhi posko pengungsian yang disediakan Dinas Sosial Pemkot Makassar. Mereka tinggal dalam tenda hanya berbekal barang yang berhasil terselamatkan. Bantuan berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan dari berbagai pihak silih berdatangan untuk memenuhi kebutuhan korban.



Di kawasan posko pengungsian tersebut, Dompet Dhuafa pun sudah melakukan asesmen dan mendirikan pos hangat yang menyediakan beraneka minuman seperti kopi, susu, teh serta makanan ringan. Para warga terdampak, mengaku terbantu dengan adanya pos hangat untuk menemani malam yang tidak kunjung membuatnya terlelap.

Syarif selaku koordinator bidang sosial dan kebencanaan Dompet Dhuafa Sulsel (DD Sulsel) menyebutkan pos hangat ini telah didirikan sejak hari rabu malam dan masih terus berlanjut untuk membantu menghidangkan makanan dan minuman bagi para warga yang terdampak.

“Selain pos hangat terpadu ini, selanjutkan DD Sulsel juga akan mendirikan fasilitas cuci tangan dan pembagian masker mengingat saat ini kita masih berada dalam situasi ppkm yang mewajibkan masyarakat dengan tetap mematuhi protokol COVID-19” tutur Syarif

Lebih lanjut, DD Sulsel juga turut mengajak masyarakat luas khususnya masyarakat Sulawesi Selatan untuk bersama mengulurkan bantuan untuk warga yang terdampak kebakaran.

Tinggalkan Komentar

Be informed!

berlangganan info DD