Berdayakan Dhuafa Melalui Olahan Keripik Pisang

Perkebunan secara tradisional menghasilkan berbagai komoditas diantaranya pisang. Pisang yang berasal dari perkebunan masyarakat lokal tersedia dalam jumlah yang besar, serta sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga murah. Untuk menambah nilai dari pisang lokal, Pak Ishak mengelola pisang menjadi keripik pisang sebagai usahanya.

Melalui keripik pisang, Ishak bisa mendapat penghasilan untuk menafkahi keluarganya. Namun, dalam menjalankan usaha keripik pisangnya, Pak Ishak mendapat banyak kendala, baik dari segi modal, peralatan pengolahan keripik masih dilakukan secara manual, maupun pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan usahanya hingga permasalahan pemasaran.

Dompet Dhuafa Sulsel melalui program pemberdayaan ekonomi dhuafa (Celebes Berdaya), mencoba membatu mempertahankan usaha Pak Ishak dengan memberi bantuan modal usaha biaya bahan baku produksi dan sarana memproduksi keripik. Sejak pertengahan tahun 2017, Dompet Dhuafa telah memberikan bantuan modal sekaligus pendampingan untuk usahanya.

Hingga kini untuk mengembangkan usaha pemberdayaan ini, Dompet Dhuafa melibatkan ibu-ibu dhuafa binaan lainnya sekaligus mengajarkan kepada mereka membuat keripik pisang. Mulai dari memilih pisang, memotong, menggoreng, hingga mengemas produk ini untuk diolah menjadi produk camilan yang halal, aman, sehat, dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

 

 

 

Meski diproduksi di tempat yang sangat sederhana namun kualitas kebersihan dan kualitas rasa dari produksi binaan Dompet Dhuafa Sulselsangat terjamin dan tentunya halal melalui pendampingan. Keripik pisang yang dihasilkan memiliki banyak varian rasa mulai dari rasa original, rasa balado, rasa jangung bakar, rasa pedas manis, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Melalui program ini, tidak hanya memberdayakan dhuafa dalam pembuatan keripik pisang, tetapi juga akan membantu memberdayakan petani pisang lokal. Selain itu, Dompet Dhuafa Sulsel juga membantu memasarkan produk pemberdayaan dhuafa dengan menyediakan di kantor layanan Dompet Dhuafa Sulsel yang beralamat di Jl. AP.Pettarani No. 33 Kav. 1, Makassar.

Melalui program pemberdayaan ekonomi ini diharapkan membuat kebutuhan hidup dhuafa terpenuhi dan mudah-mudahan mereka bisa mandiri berkat donasi dan dukungan anda.

Bantu pemberdayan dhuafa dengan membeli produk mereka, hubungi 0852 5593 5078

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Nama *
Surel *
Situs web