Berdayakan Dhuafa melalui Program Kampung Ternak Milik Dhuafa

 

 

Program kampung ternak Milik Dhuafa merupakan salah satu dari tiga program pemberdayaan ekonomi untuk dhuafa sebagai pendayagunaan dana Zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa Sulsel. Kampung ternak ini juga berdiri diatas tanah wakaf dari donatur Dompet Dhuafa Sulsel. Para Peternak Dhuafa dibekali pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan, sebagai upaya peningkatan kapasitas Peternak Dhuafa baik dari skill beternak hingga pengembangan usaha produktif peternakan.

Saat ini sudah ada 8 orang Penerima Manfaat (PM) dalam program Kampung Ternak. Sebanyak 40 ekor Kambing kemudian digemukkan dan dikembangbiakkan oleh Penerima Manfaat dhuafa yang didampingi Dompet Dhuafa Sulsel.  Setiap peternak memperoleh sebanyak 2-3 induk betina dan satu ekor bakalan (pejantan). Penerima manfaat yang bergabung dalam program kampung ternak ini adalah masyarakat dhuafa yang berada di sekitar wilayah program yang berlokasi Kampung Ternak Milik Dhuafa di Jl. Macanda, 700 meter dari kampus UIN Alauddin, Samata, Gowa. 

Selama program berjalan akan ada penambahan jumlah ternak dari proses perkembangbiakan hewan ternak. Setiap peternak memperoleh dua petak kandang yang akan digunakan oleh masing-masing Penerima Manfaat program ini untuk pemberian makanan ternak dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan kandang. Tiap hari masing peternak akan menjaga kandang koloni untuk melihat dan merawat kambingnya masing-masing dan akan didampingi oleh pendamping program Kampung Ternak Milik Dhuafa oleh Dompet Dhuafa Sulsel.

Kandang ternak akan dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat di gunakan oleh Penerima Manfaat untuk menjaga dan memelihara kambingnya. Mulai dari tempat dan peralatan pemandian kambing, kandang pejantan unggul, lahan pakan, lahan penjemuran pakan, tong pembuatan pakan fermentasi, lahan penumpukan kotoran untuk pembuatan pupuk kompos hingga dilengkapi Apotek obat-obatan kambing yang akan disediakan di lokasi kandang koloni.

 

Sebagai pendayagunaan dana zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa Sulsel, melalui program Kampung Ternak Milik Dhuafa ini memadukan antara sistem pengembangbiakkan ternak (sentra ternak) dengan pemberdayaan masyarakat miskin. Melalui program ini akan membantu dhuafa dalam meningkatan kesejahteraan peternak penerima manfaat dari usaha pemberdayaan ternak.

Selain itu, peningkatan populasi ternak dan pendapatan secara ekonomi penerima manfaat juga akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang peternakan. Diantaranya ilmu yang sudah dikuasai mitra peternak adalah kemampuan membuat pakan dari limbah pertanian, seleksi ternak bibit kambing, dan pembuatan pupuk kompos serta pupuk cair dari kotoran ternak kambing.

Kampung Ternak Milik Dhuafa ini juga akan dijadikan sebagai Kampung Ternak yang menjadi sarana edukasi bagi siapa saja yang ingin mempelajari tentang peternakan kambing.

Sebuah harapan perubahan total dari mustahik menjadi muzaki. Zakat yang ditunaikan sebagai kebiasaan wajib oleh umat Islam akan mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan seperti halnya program Kampung Ternak. Berkat zakat anda telah membantu membuka belenggu kemiskinan. (Syarif/DDSS)

 

Klik iconRekening Zakat

Klik iconZakat Sekarang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Nama *
Surel *
Situs web