Cara Mudah Bayar Zakat

Hasil gambar

Yang sudah gajian hayo unjuk tangannya!

Memang tanggal-tanggal begini biasanya paling ditunggu. Gajian seperti oase yang muncul di padang pasir.

Lalu apa yang kalian biasanya lakukan setelah gaji masuk dengan cantik di rekening kita? Semuanya pasti senang bukan?

Lalu apakah kita sudah membagi jumlah penghasilan ke dalam pos-posnya masing-masing, seperti pos tabungan dan investasi, pos bayar cicilan utang, pos pengeluaran sehari-hari, dan pos zakat atau donasi.

Nah, pertanyaannya apakah kalian sudah menyisihkan dana pada pos terakhir ini? Semoga semua sudah ya

Zakat?

Islam telah mewajibkan kepada seluruh umatnya yang memiliki harta dan mencapai nishab untuk berzakat, memberikan atau diambil secara paksa untuk diberikan kepada fakir miskin. Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur’an

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. 9: 103).

Kewajiban zakat telah disebutkan juga sebanyak tiga puluh kali dalam Al-Qur’an dan disandingkan dengan perintah shalat, sehingga zakat menjadi salah satu indikator sangat penting dalam Islam.

Zakat jika dikelola dengan baik dan amanah mampu meningkatkan kesejahteraan umat, meningkatkan etos dan etika kerja umat, serta sebagai institusi pemerataan ekonomi. Keberhasilan pengelolaan zakat dapat dilihat sejak zaman para sahabat hingga sekarang. Ketika Umar Bin Abdul Aziz menjabat sebagai khalifah, zakat menjadi sumber pendapatan utama negara, sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat. Para petugas zakat mengalami kesulitan dalam mencari kaum dhuafa yang membutuhkan harta zakat tersebut di kala itu. Karena umat terdahulu sadar betul untuk berzakat dan tahu manfaat zakat bagi Muzakki maupun Mustahik.

Lalu bagaimana dengan anda, apakah memiliki kesadaran berzakat? 

Kalaulah rukun Islam yang lain seperti syahadat, sholat, puasa, dan ibadah haji memiliki sifat yang berhubungan langsung kepada Allah, maka zakat tidak hanya itu. Selain ibadah yang bersifat langsung kepada Allah, zakat juga memiliki sifat yang berhubungan langsung dengan sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, zakat memiliki peranan penting dalam membangun masyarakat ini.

Mengeluarkan zakat tentunya menyadarkan kita bahwa hakikat harta yang kita miliki adalah milik Allah semata. Saat Allah memerintahkan kita untuk mengeluarkan sebagian harta tersebut, maka kita harus mentaatinya. Berzakat membersihkan jiwa kita dari sikap tamak harta dan membersihkan harta kita dari kekhilafan kita saat mendapatkannya.

Orang yang membayar zakat akan merasa senang membantu dhuafa dan senang melihat dhuafa terpenuhi kebutuhannya berkat zakatnya. Mereka akan merasa puas ketika sudah mengeluarkan zakat karena mereka menganggap bahwa berzakat juga merupakan bentuk rasa syukur mereka atas rezki yang telah Allah SWT berikan. Dengan berzakat tentunya membuat hati merasa puas karena dapat menyalurkan hak dhuafa yang ada pada harta muzakki.

Lalu bagaimana dengan anda? Sudah bayar Zakat?

Bayar zakat penghasilan atau zakat profesi?

Bagi yang belum, yuk bayar zakat!
Sekarang bayar zakat sangat mudah.

Cara Mudah Bayar Zakat

1. Transfer Zakat

rekening-zakat-dompet-dhuafa-sulsel

 

Transfer Zakat Anda melalui rekening:
Mandiri 152.001176.0051
Muamalat 801.00485.27
BCA 789.038.7777
a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Konfirmasi via SMS/whatsapp ke 0853 7321 1111

Atau Klik iconRekening Zakat

2. Layanan Jemput Zakat

jemput-zakat-dompet-dhuafa

Mau bayar Zakat tapi sibuk atau punya banyak waktu?
Nggak mau ribet keluar rumah tuk bayar zakat ?

Hubungi layanan Jemput Zakat:
WA/sms/call: 0853 7321 1111

Layanan jemput Zakat digulirkan guna memudahkan para Muzakki untuk menunaikan Zakat. Tim layanan jemput Zakat Dompet Dhuafa Sulsel siap menjemput Zakat anda, kapan dan di mana pun anda berada.

Jemput Zakat Makassar
Jemput Zakat Sungguminasa

Hubungi layanan Jemput Zakat:
WA/sms/call: 0853 7321 1111

Selanjutnya…

3. Kunjungi kantor layanan kami

Bagi anda yang berada di Makassar dan sekitarnya, untuk menunaikan zakat di Makassar Anda cukup mengunjungi kantor layanan Dompet Dhuafa Sulsel.

kantor-dompet-dhuafa-sulsel

Dompet Dhuafa Sulsel
Jl. Abdullah Dg Sirua no 170 A, Makassar
(0411) 45906 atau 0853 7321 1111

Kantor layanan kami buka Senin-Sabtu mulai pukul 8.00-17.00 wita
Hari dan jam operasional kantor layanan
Hari: Senin sampai Sabtu
Jam: 08.00 – 17.00 untuk Senin – Jumat
Jam: 08.00 – 15.00 untuk hari Sabtu

4. Kunjungi Gerai Zakat Dompet Dhuafa Sulsel

Untuk memudahkan warga kota Makassar yang ingin menyalurkan donasinya, kini Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bekerja sama dengan 14 gerai yang ada di kota Makassar, Pangkep, dan Kabupaten Bone

Klik Gerai Zakat Dompet Dhuafa Sulsel

5. Buka website Dompet Dhuafa Sulsel

Klik http://sulsel.dompetdhuafa.org/donasi/

Atau Klik iconZakat Sekarang

Na, itulah kemudahan bayar Zakat di Dompet Dhuafa khususnya bagi anda yang berada di Makassar dan sekitarnya. Nanti kalian akan menerima tanda bukti dari Dompet Dhuafa mengenai pembayaran zakat kita.

Jika kalian sudah menjadi member atau Donatur, maka  akan dikirimkan laporan keuangan zakat dan pelaporan berupa penyaluran donasi dari zakat kita kepada mustahik.

Mudahkan? Jadi tidak ada alasan lagi bingung mau kemana membayar zakat.

Semoga dengan selalu menyisihkan sebagian rejeki yang kita punya, harta yang dimiliki akan bersih dari hal-hal yang buruk ya!  Amien

Kalau teman-teman biasanya membayar zakat ? Share yuk!

#Zakat #ZakatPenghasilan

Comments

  1. Jadi bisa dijemput zakat saya di kantor klw jam kerja?

    1. Iya Pak , silakan hubungi layanan Jemput zakat 0853 732 11111
      Tim kami siap datang menjemput donasi bapak kapan dan dimanapun

Leave a Reply

Required fields are marked*