Corps Da’i Dompet Dhuafa gelar Amazing Muslimah di Pangkep

Foto: Foto bersama peserta Amazing Muslimah di Pangkep
Foto: Foto bersama peserta Amazing Muslimah di Pangkep

PANGKEP – Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) bekerjasama Dompet Dhuafa Sulsel gelar Amazing Muslimah di Masjid Quba, Jl Matahari Blok A No 2, Kelurahan Padoang-doangan, Kecamatan Pangkajene, Pangkep pada Senin (18/9/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih dua ratus muslimah pangkep, KUA Pangkep, Wakil Bupati Pangkep, dan tokoh masyarakat.

Kegiatan yang dimulai dari pagi hari diawali dengan sambutan-sambutan dari Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat Hidayat HM yang mengawali sambutannya, menyampaikan tentang Dompet Dhuafa dan program Amazing Muslimah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Wakil Bupati Pangkep, Sabbang Sammana didampingi oleh satuan perangkat daerah.

Pimpinan Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat Hidayat HM menjelaskan bahwa Peggy Melati Sukma bersama Dompet Dhuafa bekerjasama dengan lembaga training Cinta Qur’an menggagas Amazing Muslimah. Amazing Muslimah adalah sebuah gerakan yang didedikasikan bagi para muslimah, bertujuan membumikan Al-Qur’an, dan memulainya dengan melakukan pelatihan baca Qur’an gratis bagi muslimah yang masih buta aksara Al-Qur’an.

“Program Amazing Muslimah merupakan program training satu hari dengan target seluruh peserta dapat menangkap dengan cepat dan baik metode dan cara membaca Al-Qur’an. Metode ini akan menjadi penyemangat dan pendorong bagi masyarakat yang belum bisa sama sekali membaca Al-Qur’an untuk terus berusaha meningkatkan kuaitas bacaan Al-Qur’an.” Lanjut Rahmat

Sesi pertama dalam kegiatan ini yaitu kajian Al-Qur’an sesi sharing Qur’ani satu jam lebih dakat bersama Qur’an. Setelah itu di lanjutkan klinik Qur’an dengan membagi peserta menjadi 12 Kelompok yang dihandel oleh satu orang mentor (muwajih) yang telah ditunjuk sebelumnya yang dipandu langsung oleh Ustad Ahmad Pranggono dan Ustad Ali Akbar.

Peggy Melati Sukma atau Teteh Khadijah sebagai Inspirator Muslimah turut hadir memberikan motivasi kepada para Muslimah dengan tema “Berdaya dan berkarya dengan energi Al-Qur’an”. Teteh Khadijah menyampaikan tentang Al-Qur’an sebagai sumber energi spiritual bagi umat Islam, Inspirasi Qur’an dan menjadikan Al-Quran sebagai semangat untuk berdaya dan berkarya.

Foto: Peggy Melati Sukama atau Teteh Khadijah memberi motivasi kepada Peserta
Foto: Peggy Melati Sukama atau Teteh Khadijah memberi motivasi kepada Peserta

 

Penanggung jawab acara Amazing Muslimah, Nurwana menjelaskan tujuan dari program ini untuk mengenalkan huruf bacaan Al-Qur’an bagi para peserta pemula, memberikan kemampuan kepada peserta agar mampu membaca al-Qur’an dengan baik, lancar dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, Mendekatkan masyarakat (peserta) untuk senantiasa terbiasa dengan Al-Qur’an secara istiqomah dalam kehidupan sehari-harinya, dan meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an khususnya seni membaca Al-Qur’an melalui majelis-majelis pembinaan di tiap Forum Halaqoh Al-Qur’an (FHQ).

“Sebagai tindak lanjut dari training Amazing Muslimah maka kami telah mempersiapkan program FHQ (Forum Halaqoh Quran). Kami sadar pelatihan Amazing muslimah tidak akan cukup memberikan dampak yang signifikan bagi para peserta jika tidak ada tindak lanjut untuk membiasakan peserta membaca Al-Qur’an. Makanya konsep FHQ akan menjadi tindak lanjut dari program Amazing Muslimah dangan konsep pertemuan kelompok kecil yang dilakukan tiap pekan yang dibimbing oleh satu mentor (Muwajih).” pungkas Wana

Foto:" Fato bersama Wakil Bupati Pangkep, Sabbang Sammana bersama tim Cordofa dan Dompet Dhuafa Sulsel
Foto:” Fato bersama Wakil Bupati Pangkep, Sabbang Sammana bersama tim Cordofa dan Dompet Dhuafa Sulsel

Sebelumnya telah dilaksanakan Daurah muwajih yang dilaksanakan selama 2 hari (16-17 september 2018) di Masjid Nurul Fatimah, jl matahari kelurahan padoang-doangan kabupaten Pangkep yang dihadiri oleh 12  muwajih. Tim mengadakan Dauroh Muwajih/Pengajar Qur’an untuk para pengajar Al Quran yang akan menjadi pengajar (muwajih) dalam program FHQ yang dibimbing langsung oleh Ustad Ahmad Pranggono. (Syarif/Dompet Dhuafa Sulsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Nama *
Surel *
Situs web