Petani Program Muda Berdaya Rumput Laut DD Sulsel Telah Melakukan Panen Perdana

Petani Program Muda Berdaya Rumput Laut DD Sulsel Telah Melakukan Panen Perdana
Petani Program Muda Berdaya Rumput Laut DD Sulsel Telah Melakukan Panen Perdana

Dompet Dhuafa Sulsel terus menjangkau kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui program pemberdayaan Muda Berdaya dengan mengajak anak muda setempat untuk berkarya di lahan pertanian.

Kali ini program pemberdayaan menyambangi wilayah pesisir letaknya berada di Desa Panyampa dan Kantumbangan Lemo, Kec. Campalagian, Kab. Polman, Sulawesi Barat dengan memaksimalkan potensi tambak untuk produksi rumput laut jenis Gracilaria.

Pemberdayaan rumput laut yang diolahnya saat ini menggunakan dua tambak, satu tambak fokus produksi terletak di Panyampa dan satu tambak pembibitan di Kantumbangan Lemo. Dalam pemberdayaan ini, melibatkan kurang lebih sebanyak 7 petani penerima manfaat.

Para petani telah melakukan panen perdana rumput laut jenis gracillaria di desa Kantumbangan Lemo, Polman Sulawesi Barat, yang dilakukan selama 3 hari.

“Panen perdana ini tidak berfokus pada jumlah hasil, melainkan untuk melihat kualitas rumput laut setelah dikeringkan. Dengan melihat hasil panen perdana, ada banyak pengalaman yang akhirnya bisa diterapkan untuk memaksimalkan produksi dan panen rumput laut berikutnya,” ungkap Ayub sebagai pemuda pendamping, Jumat (12/03/21).

“Sangat bersyukur karena budidaya rumput laut yang diadakan DD Sulsel menyerap banyak tenaga kerja pada saat pra produksi hingga pasca produksi, hal ini membuat mata pencaharian masyarakat bertambah,” sambungnya.

Pemberdayaan ini akan terus berlangsung selama program berjalan dan mengupayakan menggaet lebih banyak lagi calon penerima manfaat sebagaimana tujuan utama pemberdayaan adalah menyediakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Program ini salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa melalui pengelolaan zakat menjadi sebuah kegiatan produktif dan mampu menghadirkan ekonomi secara berkelanjutan untuk masyarakat kecil. Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa zakat mampu berdayakan umat dan Zakat mampu menjadi satu ikhtiar untuk mengentaskan kemiskinan. (*)

Be informed!

berlangganan info DD