Dompet Dhuafa gelar Pelatihan Desain Pembelajaran Aktif untuk Guru SLI DD


JENEPONTO- Dompet Dhuafa Sulsel gelar Pelatihan Desain Pembelajaran Aktif (RPP/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada Guru Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa ( SLI DD) Kabupaten Jeneponto di MI Hasri Agangjene, Binamu, Jeneponto pada hari Rabu (24/01/18). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 11.00 siang hingga pukul 16.00 sore itu diikuti oleh guru-guru yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) binaan SLI DD yaitu MI Al-HIkam, MI Hasri Agangjene dan MI An-Nuriyah.

Begitu pentingnya sebuah RPP sehingga SLI DD memberikan pelatihan tahap 1 tentang desain pembelajaran aktif (RPP) kepada Guru SLI DD di Kabupaten Jeneponto yang akan menjadi pelopor literasi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Para peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dalam menyimak materi yang dibawakan oleh konsultan SLI DD. Pasalnya para Guru tidak sekedar diajarkan memahami komponen-komponen penyusun RPP melainkan juga mereka langsung mempraktekkan cara membuat RPP.

Menurut Pendamping SLI DD, Azizah mengatakan pelatihan ini sangat penting terutama terkait perencanaan yang memegang peranan penting terhadap sebuah pembelajaran didalam kelas. Perencanaan merupakan tahap awal kesiapan seorang Guru untuk memberikan pelayanan prima pada siswa. Disamping itu, perencanaan juga merupakan kepedulian seorang Guru dalam meluangkan waktu untuk memikirkan bahwa siswa harus berhasil melaui perencanaan yang yang telah dilakukan. Dalam lingkup sekolah perencanaan tersebut umum dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“RPP menjadi design pembelajaran untuk memaksimalkan aktivitas didalam kelas menjadi lebih aktif. Tanpa RPP bisa berakibat Gagal merencanakan yang berdampak pada merencanakan kegagalan siswa. Karena mengajar bukan hanya sekedar mentransformasi ilmu pengetahuan melainkan transfer nilai moral yang menjelma menjadi sebuah karakter.” Lanjut Azizah

Hakikatnya, perencanaan itu sangat penting sebagai langkah awal seberapa besar persiapan yang akan dilakukan. Membuat perencanaan ibarat skenario pembelajaran yang bertujuan supaya aktivitas didalam kelas menjadi lebih terarah bukan asal-asalan mulai awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Selain itu perencanaan pembelajaran menjadi bukti autentik tentang profesionalisme seorang Guru. Pengalaman mengajar seorang Guru harus dibukukan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

“Alhamdulillah, saya selaku kepala MI Hasri Agangjene yang mewakili seluruh guru binaan SLI DD mengucapkan terimakasih kepada team SLI DD yang begitu memperhatikan kualitas Guru yang iawali dengan pemberian pelatihan tahap 1 yakni desain pembelajaran aktif (RPP)” ujar kepala MI Hasri Agangjene

“Harapan dari pasca pelatihan ini yakni semoga kedepannya para Guru lebih memperhatikan untuk membuat RPP sebelum tampil mengajar di kelas sehingga lebih terarah dalam mengajar. Para Guru bisa lebih mandiri untuk membuat RPP. “ ujar Azizah, Konsultan SLI DD

#MembentangKebaikan #SekolahLiterasiIndonesa #DDsulsel

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Nama *
Surel *
Situs web