Ekspedisi Ramadan DD Sulsel: Berbagi Kebaikan Hingga Pelosok

Ekspedisi Ramadan DD Sulsel: Berbagi Kebaikan Hingga Pelosok
Ekspedisi Ramadan DD Sulsel: Berbagi Kebaikan Hingga Pelosok

Melalui program Ekspedisi Ramadan, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan berkomitmen membantu masyarakat di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T). Kegiatan ini merupakan ekspansi program ke daerah pelosok, dengan membawa misi kebaikan ramadan untuk berbagi.

17 hingga 18 April 2021 lalu, Dompet Dhuafa telah melaksanakan kegiatan Ekspedisi Ramadan di Kampong Lappara, Sinjai. Wilayahnya terletak di Desa Kompang, Kecamatan Sinjai Tengah yang berbatasan dengan Desa Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Secara geografis, kampung tersebut berada di wilayah pedalaman yang belum sepenuhnya terjamah dunia modern. Akses medan terbilang sulit. Kontur tanah yang dipenuhi bebatuan dan licin, jaringan internet yang tidak memadai, serta belum adanya listrik menjadi masalah utama yang harus dihadapi warga sehari-hari.

Program Lima Pilar Dompet Dhuafa

Selama ekspedisi ini, DD Sulsel melakukan beberapa kegiatan dari lima pilar program mereka, dengan menyesuaikan kondisi daerah setempat.

Untuk program dakwah, Dompet Dhuafa melaksanakan kegiatan baca qur’an secara bersama-sama, dan salat berjamaah. Karena suasana pedesaan yang masih begitu kental, mereka juga melakukan tradisi membangunkan sahur kepada warga.

Lainnya adalah program ekonomi. DD Sulsel menggelar pasar murah. Mereka menjajakan 30 paket sembako dengan harga rendah, berisikan tepung terigu 2 kg, gula pasir 1 kg, 2 pak teh, 1 botol minuman sirup, dan minyak goreng ukuran 2 liter. Total harga yang diberikan untuk semua kebutuhan dapur tersebut hanya Rp50.000 rupiah.

Mengingat kondisi perputaran ekonomi di pedesaan ini terbilang kecil, para warga di Kampong Lappara menyambut pasar murah dengan antusias. Terlebih, mereka memang mayoritas bekerja sebagai petani, dan sebagian kecilnya adalah buruh bangunan. Sehingga, pembelian bahan pokok ini pun dianggap sangat membantu.

Selanjutnya, ada program kesehatan dengan melakukan pemeriksaan tensi pada warga lansia, anak-anak, dan warga lainnya. Semuanya dilakukan oleh relawan dari LKC Dompet Dhuafa Sulsel. Tak hanya itu, mereka juga memberikan edukasi kesehatan kepada warga.

Pada program sosial, DD Sulsel mengajak anak-anak untuk berbuka puasa bersama. Sedangkan di bagian program pendidikan, mereka menggelar sekolah ceria. Para relawan mengisinya dengan kegiatan mengajar membaca, menggambar, menulis, dan bernyanyi bersama.

Salah satu yang menjadi perhatian, dari sekitar 15 anak berada di Kampung Lappara ini hanya dua diantaranya yang bersekolah. Sehingga, tingkat anak-anak yang tidak tahu membaca dan menulis bisa dibilang masih tinggi. Atas kehadiran sekolah ceria ini, masyarakat mengaku terbantu.

Selain menyiarkan lima pilar programnya, DD Sulsel juga menyalurkan paket bantuan ramadan berupa sedekah 10 Alquran, dua bantuan untuk guru mengaji, satu parcel untuk anak yatim, dan satu paket bantuan kepada lansia.

Hamsah selaku Imam Desa Lappara, berterima kasih atas berbagai kegiatan keagamaan hingga pendidikan dari DD Sulsel ini. “Terima kasih, untuk begitu banyaknya perhatian yang dikasih ke warga yang berada di Lappara,” ucapnya.

Ekspedisi Ramadan yang Masih akan Berlanjut

Program ekspedisi ramadan yang digelar oleh Dompet Dhuafa Sulsel ini bukanlah titik akhir. Mereka berencana melanjutkan lagi kegiatan yang sama, namun kali ini menyasar wilayah pesisir.

Sasaran selanjutnya juga merupakan wilayah yang masuk dalam syarat penerima manfaat dari Dompet Dhuafa. Tidak hanya wilayah pedalaman saja, DD Sulsel juga berkomitmen akan terus menebar kebaikan di pesisir dan wilayah lainnya.

Demi kelancaran program-program mereka, pihak DD Sulsel mengatakan jika mereka juga perlu sokongan oleh semua pihak. Terlebih saat Ramadan. Maka, pihak pengelola menginformasikan bagi muhsinin dan muzakki yang ingin menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF), Dompet Dhuafa membuka pelayanan khusus mulai dari hari Senin – Sabtu, pukul 09:00 – 17:00 WITA.

Ada berbgai #PaketKebaikan sedekah dan zakat, terutama selama bulan Ramadan, yang disediakan Dompet Dhuafa Sulsel, diantaranya kado untuk anak yatim, kado untuk guru ngaji, berbagi takjil on the road, berbagi ifthar di lokasi bencana, bangun masjid untuk Sulbar, berbagi sahur untuk santri, sedekah al-qur’an untuk pelosok, dan tebar Zakat Fitrah.

Be informed!

berlangganan info DD