Mari Bantu Korban Puting Beliung Pangkep #LovePangkep

PANGKEP KEMBALI DITERJANG PUTING BELIUNG

Bencana angin puting beliung kembali melanda Pangkep. Kali ini melanda Kelurahan Bonto-Bonto Kecamatan Marrang, Kabupeten Pangkep, Kamis, (12/1).

Peristiwa yang  terjadi sekitar pukul 05.30 wita, dan anginputing beliung itu berlangsung kurang lebih selama 2 sampai 3 menit itu mengakibatkan banyak rumah warga rusak parah. Masyarakat setempat yang umumnya sebagai petani turut menjadi korban, rumah panggung yang mereka bangun dengan susah payah turut diterjang puting beliung. Diantara mereka berharap rumahnya bisa kembali berdiri seperti adanya minimal sebagai tempat beristirahat ketika malam hari, sebagai tempat bernaung ketika hujan maupun berteduh ketika terik matahari.

Kondisi rumah  salah satu warga yang rusak parah akibat Puting Beliung

Secara rinci terdapat 3 kelurahan yang terkena dampak puting beliung dan menyebabkan rumah rusak, yaitu:
1. Kel. Bonto-bonto (34 rumah rusak berat & 78 rusak sedang)
2. Kel. Talakan (4 rumah rusak sedang)
3. Kel. Attangsalo (10 rumah rusak sedang)
Total KK : 126 KK
 Selain kerusakan pada rumah warga, perabotan dan alat eletronik lain yang ada dalam rumahnya juga ikut rusak akibat hujan turun selang beberapa waktu setelah angin puting beliung berlangsung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep, Herman, mengungkapkan bahwa akibat dari terjangan angin puting beliung tersebut, sebanyak 112 rumah dan 12 unit ruko mengalami kerusakan parah.

Saat ini, telah dilakukan respon bencana dari  Dompet Dhuafa berupa Aksi Layanan Sehat dalam bentuk pengobatan gratis untuk korban bencana.
Layanan kesehatan Dompet Dhuafa di Posko pengungsian kantor kelurahan bonto-bonto Kec. Ma’rang Kab. Pangkep

Bersama TNI, BPBD Pangkep, lembaga sosial setempat, masyarakat dan korban bencana mulai perbaiki rumah yang rusak karena bencana puting beliung.

Respon selanjutnya berupa penyaluran bantuan akan terus dilakukan oleh  Dompet Dhuafa Sulsel. Bantuan yang akan disalurkan yaitu bantuan tenda sementara maupun bantuan yang sangat mendesak dibutuhkan.

Posko Dompet Dhuafa Sulsel di lokasi bencana puting beliung Pangkep

Rata-rata warga terdampak  saat ini membutuhkan tenda sementara untuk atap rumah mereka yang rusak maupun yang hilang akibat puting beliung. Saat sekarang ini curah hujan sangat tinggi sehingga mereka membutuhkan tenda sementara sebagai atap untuk berteduh. Selain itu mereka juga membutuhkan selimut, sarung, bahan material pendukung untuk memperbaiki rumah, dan bahan logistik berupa beras.

Duka tak semestinya dipikul saudara kita sendiri, mari perluas bentangan kebaikan kita karena mereka keluarga kita. Mari Bergerak, bersinergi, dan membantu mereka. #LovePangkep

Donasi dapat disalurkan melalui dompet #LovePangkep
Transfer Donasi Melalui :
? Bank Mandiri 15200.2299.9292
a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Tambahkan angka (75) pada digit terakhir nominal transfer Anda
*contoh donasi Rp 500.000 menjadi Rp 500.075

Konfirmasi via SMS/WA ke 0853 7321 1111
?(0411) 459 068

Info, klik sulsel.dompetdhuafa.org

#Pangkep

 

 

Leave a Reply

Required fields are marked*