Press Conference Tebar Hewan Kurban 2015 “Andai Ini Kurban Terakhirku”

Dompet Dhuafa (DD) Republika adalah Lembaga Nirlaba milik masyarakat Indonesia, berdiri sejak tahun 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf  (ZISWAF) serta dana sosial lainnya. Saat ini DD telah memiliki jaringan pelayanan di 21 Propinsi di Indonesia dan 5 di mancanegara  (Hongkong, Jepang, Korea, Australia dan USA). Dana ZISWAF yang terkumpul disalurkan dalam beragam bentuk program di bidang sosial, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.
Tebar Hewan Kurban (THK) adalah salah satu program sosial pemberdayaan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Republika sejak tahun 1414 H yang kini menginjak tahun ke 22. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Andai Ini Kurban Terakhirku.”. Tema ini bermakna bahwa kurban merupakan bukti ketaatan atas penghambaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu sudah seharusnya mempersembahkan kurban terbaik, seakan tahun ini adalah kurban terakhir sebagai bukti syukur atas semua karuniaNya.
Kenapa Kurban ke THK Dompet Dhuafa.
Penyaluran Hewan Kurban melalui Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa berkonsep memuliakan dengan mengedepankan masyarakat di daerah-daerah terpencil, miskin, terbelakang, rawan gizi dan rawan aqidah. Distribusi kurban juga merambah kepada saudara-suadara kita yang tinggal di daerah bencana dan kerusuhan, yang mana di tahun ini juga menyasar pengungsi Rohingya di Aceh serta korban konflik Tolikara, Papua. Penyaluran tersebut dilakukan melalui mitra Pemberdayaan Kampung Ternak Nusantara di daerah setempat.
Program THK Dompet Dhuafa dihadirkan dengan beragam kemudahan baik bagi pekurban maupun penerima manfaat daging kurban, karena mengedepankan sistem pemerataan. Seperti yang telah berjalan pada 2014, penyaluran hewan kurban mencakup 4.155 desa, 375 kecamatan, 214 kabupaten dari 33 Provinsi di Indonesia. Bahkan hingga mancanegara di 6 (enam) negara seperti Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar-Rohingya, Thailand, Timor Leste, serta Gaza –Palestina pun menerima distribusi hewan kurban dari program THK Dompet Dhuafa.
Target distribusi kurban pada 2015 sebanyak 20.000 ekor setara kambing dan target penerima manfaat lebih 63.133 Kepala Keluarga (KK) dengan daerah distirbusi dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Tolikara-Papua dan luar negeri seperti Gaza-Palestina, Myanmar, Filipina dan Kambocja.
Khusus untuk Sulawesi Selatan, target penerima manfaat kurang lebih 1.000 orang dengan penyaluran kurban kurang lebih 75 – 100 ekor. Hewan kurban akan disalurkan di beberapa target wilayah dhuafa yang jarang tersentuh.
Wilayah target sebaran program THK DD Sulsel Tahun 2015, adalah sebagai berikut :
1. Kota Makassar : di Kec. Panakkukang, Kec. Tamalate, Kec. Biringkanaya, Kec. Manggala, target 300 penerima manfaat;
2. Kab. Maros : di Desa Kaemba sekitar 100 penerima manfaat;
3. Kab. Gowa : di Dusun Japing dan Borong Pala’la Kec. Pattallassang, sekitar 100 penerima manfaat;
4. Kab. Jeneponto : di Desa Palajau, Dusun Tunrunggandrang Kec. Arongkeke, sekitar 100 penerima manfaat;
5. Kab. Bone : di Dusun Awangpasareng, sekitar 100 penerima manfaat;
6. Kab. Soppeng : di Desa Timusu, Dusun Lagoci, sekitar 100 penerima manfaat;
7. Kab. Pangkajene dan Kepulauan : Desa Pitusunggu; Kec. Ma’rang sekitar 100 penerima manfaat;
8. Kepulauan Selayar : Dusun Barangbarang, Desa Loa, Kec. Bontosikuyu, sekitar 100 penerima manfaat;
9. Kab. Polewati Mandar Prov. Sulawesi Barat : di desa Lamasundu, Kec. Limboro, Kab Polman, sekitar  100 penerima manfaat.
Kurban Memantik Kesalehan
Kurban  yang memiliki makna kedekatan, mengingatkan kita pada salah satu persitiwa paling sacral sepanjang perjalanan umat manusia, yaitu sebuah hikayat tentang kesalehan yang menghantar manusia pada kedekatan Rabb-nya. Sejarah kesalehan nabi Ibrahim dan putranya ismail menorah banyak ibra atau pembebasan atas tanggung jawab dari sebuat tanggungan bagi kaum muslimin. Sepasang bapak dan anak pilihan Tuhan itu piawai dalam memanajemen hati dan hawa nasfu dalam melakukan proses muraqabah atau menyerahkan rezeki kepada Allah SWT. Bulan Dzulhijjah datang menjemputm dan selalu mengingatkan kita akan 2 (dua) peristiwa sacral sepanjang perjalanan manusia, yaitu Haji dan Kurban.
Haji, yang sarat pesan moral akan kerendahan hati dan sikap tawadhu menapaktilasi proses pengorbanan dan perjuangan keluarga Nabi Ibrahim As dalam meraih kesalehan. Sampai kini panggilan haji menjadi buluh perindu bagi hamba Allah sebagai proses muraqabah untuk meraih kemabruran. Sementara itu, kurban menjadi sejarah monumental yang tak tergeserkan. 

Andai Ini Kurban Terakhirku.
Fenomena kuban melahirkan kesalehan pribadi dan kesalehan sosial pada diri pekurban. Hewan yang dikurbankan menjadi symbol pengikis nafsu hewani yang ada pada manusia, yaitu sifat egois, serakah, rakus, ingin menang sendiri dan merasa paling hebat. Semangat kedekatan kepada sesame terpancar indah saat kurban telah ditunaikan.
Kurban sarat  dengan hikmah berbagi dan peduli. “Andai ini kurban terakhirku” merupakan symbol sebuah kedekatan diri yang dibangun dengan sentuhan iman karena melahirkan persaudaraan kepada sesame, berusahan memberikan hewan kurban terbaik yang sehat dengan senyum bahagia untuk Saudara kita yang ada di pelosok negeri, dipojok dusun, desa tertinggal yang jarang sekali menikmati lezatnya daging kurban.
Ketika kurban ditunaikan, senyum kegembiraan kaum papa merekah tatkala menerima daging kurban yang jadi penghancur dinding keangkuhan sosial. Tak ada lagi dikotomi ditengah masyarakat, karena simpul keharmonisan telah terjalin oleh tetesan darah hewan kurban.
Paket Kurban DD Sulsel Tahun 2015 :
Kambing Standar senilai Rp. 2.200.000 dengan bobot 25kg-30kg
Sapi senilai Rp. 10.500.000 dengan bobot 290kg-300kg
1/7 Sapi senilai Rp. 1.500.000 
Sapi Premium senilai Rp. 13.300.000 dengan bobot 350-360kg

Konter Layanan Kurban :
Masa operasional 4 – 23 September 2015
1. RM. Ayam Bakar Wong Solo
2. Trans Studio Mall, LG depan ShabuQi                     
3. Mal Ratu Indah, Lt. 3 depan tenant Eiger             
4. Ramayana Pettarani, depan pintu masuk
5. Lotte Mart Alauddin, depan pintu masuk
6. M’Tos Perintis, depan pintu masuk
7. Carrefour Pengayoman, depan pintu masuk
Atau dapat melalui Gerai Mitra Dompet Dhuafa Sulsel :
1. Butik Siti Hajar, Jln. Pengayoman No. 38
2. Super Thibbun Nabawi, Jln. Aroepala, Perum Gosyen Indah No.1
3. BMT Insan Mandiri, Jln. P. Kemerdekaan, Km.8 Ruko PBC No. 003
4. KSP Bhakti Huria, Jln. Mallengkeri Raya No. 34
5. Seluruh cabang I – Khalifah Bimbingan Belajar di Makassar
6. Azka Salon dan Butik, Jl. Perintis Kemerdekaan, Km. 9, Ruko HCC Blok A/1
7. Azka Salon dan Wedding Organizers, Jln. Abd. Dg. Sirua No. 97 A

                                                           

Layanan Jemput Kurban >> 0853 732 11111
Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan
Kantor : Jl. Abdullah Dg Sirua No. 170 A, Makassar, Sulawesi Selatan
Telp (0411) 459 068/0853 732 11111 – www.ddsulsel.org
Tinggalkan Komentar

Be informed!

berlangganan info DD