Program Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, terdapat 3 program yaitu SEKOCI, Mariki’ Sekolah, SMT (School of Master Teacher).

SEKOCI (Sekolah Cerdas Indonesia) merupakan program pendidikan sekolah gratis pinggir kota untuk anak dhuafa dan pendampingan yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Fokus capaian program adalah pemenuhan kebutuhan dasar siswa dan sekolah, perbaikan kualitas pembelajaran dan perbaikan kualitas manajemen sekolah.

Saat ini ada dua sekolah dampingan Dompet Dhuafa Sulsel diantaranya MI Fathur Rahman yang lokasinya di Jl. Maccini Sombala dan MI Miftahul Khair yang lokasinya di Hartako Indah dengan jumlah PM saat ini ada 262 siswa dan 15 guru.

Mariki’Sekolah merupakan program pendampingan dan pemberian beasiswa untuk siswa dhuafa tingkat SMP, bantuan yang diberikan meliputi biaya iuran sekolah, perlengkapan sekolah, biaya transportasi, dan pendampingan pelatihan meliputi capacity building. Saat ini program mariki’ sekolah terlaksana di tiga daerah yaitu Pangkep, Makassar dan Jeneponto. Jumlah penerima manfaat program mariki’ sekolah sebanyak 54 anak dengan target anak yang akan diberikan bantuan di tahun 2016 sebanyak 220 anak.

SMT (School of Master Teacher) merupakan program pendidikan tiga bulan bagi guru sekolah dasar dengan peserta didik mayoritas dhuafa. Program ini bertujuan meningkatkan kapasitas (3P) Pengajar, Pendidik dan Pemimpin. Dari tahun 2015-2016 sudah ada 5 angkatan  dengan jumlah penerima manfaat 123 guru yang terlaksana di empat daerah yaitu makassar, maros, pangkep dan barru.