Profil Lembaga

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Panen Rumput Laut Mandar

Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.

Video Sejarah Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan

Dompet Dhuafa Sulsel adalah salah satu dari 20 kantor cabang dari Dompet Dhuafa Pusat di Makassar. Melakukan kegiatan penghimpunan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZISWAF) yang selanjutnya disalurkan untuk membiayai segala program dari Dompet Dhuafa untuk kaum dhuafa.

Dana Ziswaf disalurkan melalui program-program Dompet Dhuafa Sulsel. Program Dompet Dhuafa Sulsel bergerak di 6 lini kehidupan, pendidikan, kebencanaan, sosial, dakwah dan ekonomi.  Secara keseluruhan terdapat 10 program regular, 10 program Ramadhan dan Terbar Hewan Kurban pada Idul Adha 1444 H. Selain itu, berbagai instansi, kampus, maupun komunitas telah banyak bekerja sama dalam bergerak demi kemanusiaan.

Visi dan Misi

Terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan yang berbasis pada sistem yang berkeadilan

  • Menjadi gerakan masyarakat yang mentransformasikan nilai-nilai kebaikan
  • Mewujudkan masyarakat berdaya melalui pengembangan ekonomi kerakyatan
  • Terlibat aktif dalam kegiatan kemanusiaan dunia melalui penguatan jaringan global
  • Melahirkan “Kader Pemimpin Berkarakter dan Berkompetensi Global”
  • Melakukan advokasi kebijakan untuk mewujudkan sistem yg berkeadilan
  • Mengembangkan diri sebagai organisasi global melalui inovasi, kualitas pelayanan, transparansi, akuntabilitas, indepedensi dan kemandirian lembaga
FAQ

DD Sulsel merupakan cabang dari Dompet Dhuafa di provinsi Sulawesi Selatan

Saat ini ada program Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Sosial Budaya

Sahabat bisa mendaftar pada program DD Volunteer

Gallery