Dompet Dhuafa Sulsel

Dompet Dhuafa Sulsel
Dompet Dhuafa Sulsel

 

TENTANG DD

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.

AWAL KEHADIRAN

Sejak kelahiran Harian Umum REPUBLIKA awal 1993, wartawannya aktif mengumpulkan zakat 2,5% dari penghasilan. Dana tersebut disalurkan langsung kepada dhuafa yang kerap dijumpai dalam tugas. Dengan manajemen dana yang dilakukan pada waktu sia-sia, tentu saja penghimpunan maupun pendayagunaan dana tidak dapat maksimal.

Dalam sebuah kegiatan di Gunung Kidul Yogyakarta, para wartawan menyaksikan aktivitas pemberdayaan kaum miskin yang didanai mahasiswa. Dengan menyisihkan uang saku, mahasiswa membantu masyarakat miskin. Aktivitas sosial yang telah dilakukan sambilan di lingkungan REPUBLIKA pun terdorong untuk dikembangkan.

Apalagi kala itu, masyarakat luas telah terlibat menyalurkan ZISnya melalui DD. Sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, DD tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan. Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.

Berdasarkan Undang-undang RI Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan zakat, DD merupakan institusi pengelola zakat yang dibentuk oleh masyarakat. Tanggal 8 Oktober 2001, Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 439 Tahun 2001 tentang PENGUKUHAN DOMPET DHUAFA REPUBLIKA sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat nasional.

PROFIL DOMPET DHUAFA SUL-SEL

Dompet Dhuafa Sulsel adalah salah satu dari 20 kantor cabang dari Dompet Dhuafa Pusat di Makassar. Melakukan kegiatan penghimpunan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZISWAF) yang selanjutnya disalurkan untuk membiayai segala program dari Dompet Dhuafa untuk kaum dhuafa.

Di tahun 2015, Dompet Dhuafa Sulsel telah berbuat untuk masyarakat. Sekitar 1.178 orang sebagai donatur telah mempercayakan Lembaga Zakat Dompet Dhuafa Sulsel mengelola dana zakat, infaq, sedekah, dan  wakaf (Ziswaf). Total penerimaan dana Ziswaf mencapai Rp. 1.243.264.926,14 dan  total penyaluran Rp. 1.225.293.226,05 kepada 6.085 orang penerima manfaat di berbagai kota Sulawesi Selatan serta kota-kota lainnya. Dana Ziswaf disalurkan melalui program-program Dompet Dhuafa Sulsel. Program Dompet Dhuafa Sulsel bergerak di 6 lini kehidupan, pendidikan, kebencanaan, sosial, dakwah dan ekonomi.  Secara keseluruhan terdapat 10 program regular, 10 program Ramadhan dan Terbar Hewan Kurban pada Idul Adha 1436 H. Selain itu, berbagai instansi, kampus, maupun komunitas telah banyak bekerja sama dalam bergerak demi kemanusiaan.

Be informed!

berlangganan info DD